Aturan Baru BSU Rp900.000 Berdasarkan Permenaker Nomor 16 Tahun 2026

RADAR BOGOR - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) secara resmi merilis Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2026 per tanggal 28 Oktober 2026.
Aturan baru ini memuat regulasi teknis mengenai Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2026, mulai dari ambang batas gaji harian/bulanan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, kelompok yang dikecualikan, hingga besaran total dana bantuan yang akan diterima.
Calon penerima BSU 2026 harus memiliki gaji atau upah paling tinggi sebesar Rp3.500.000 per bulan, sebagaimana dilansir dari YouTube Edgar Tutorial.
Baca Juga: 5 Bansos Tambahan Siap Cair Bersamaan PKH BPNT Tahap 4 Oktober-Desember 2026
Bagi pekerja yang berada di wilayah dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) atau Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) lebih tinggi dari Rp3.500.000, maka batas maksimal gaji akan menyesuaikan dengan nilai UMP/UMK yang berlaku di daerah tersebut.
Pekerja wajib terdaftar sebagai peserta aktif pada program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan.
Batas waktu (deadline) acuan data kepesertaan yang digunakan oleh pemerintah adalah tercatat aktif hingga bulan Agustus 2026.
Pemerintah menegaskan, program BSU ini ditujukan khusus bagi pekerja swasta/buruh prasejahtera. Kelompok yang tidak berhak/dikecualikan menerima bantuan ini meliputi:
Baca Juga: Seminar Nasional di UIN Bogor, Staf Khusus Menag Gugun Gumilar Tekankan Pentingnya SDM Unggul
• Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS/PPPK).
• Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).
• Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).
Jadilah pembaca setia, gabung sekarang juga di channel kami!




